preloader

Acara ini mengangkat materi “Get to know the basic life support about heart, for our healthy heart”

blog-thumb
  • Oleh Master User
  • 12 Sep, 2022

HEALTH CORNER BATCH 2 2022

      Health Corner (HC) merupakan salah satu program kerja dari bidang Pengembangan Masyarakat HMPD FK UB. Sehubungan dengan era "New Normal" yang telah digencarkan belakangan ini, banyak modifikasi dan inovasi yang dilakukan pada tahun ini. Health Corner pada mulanya merupakan kegiatan yang dilakukan secara full offline, yaitu memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat secara langsung. Namun, kegiatan Health Corner pada tahun ini dilakukan secara hybrid, yakni secara online dan juga offline. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat. Health Corner 2022 sudah dilaksanakan sebanyak dua rangkaian yang diadakan pada bulan April dan Agustus.

      Setelah melaksanakan rangkaian pertama yang bertepatan pada tanggal 24 April 2022 dengan berupa webinar dengan tema “Get Rid of Hypertension as a Silent Killer" Tema dan materi yang disuguhkan dalam webinar merupakan bentuk tanggapan dari permasalahan hipertensi yang sering disebut sebagai “the silent killer" karena pasien sering kali tidak menyadari gejala yang timbul. Penting bagi kita untuk meningkatkan pemahaman kita mengenai bahaya dari hipertensi dan penatalaksanaannya. Masih dengan tema yang sama, kali ini Health Corner mengadakan workshop yang merupakan rangkaian kedua dan bertepatan pada 28 Agustus 2022. Health Corner mengadakan Workshop bertema “The Importance of Basic Life Support about Heart” yang diikuti oleh sekitar 63 peserta dari 8 SMA yang tersebar di Malang yaitu SMA 1 MALANG, SMA 2 MALANG, SMA 3 MALANG, SMA 4 MALANG, SMA 5 MALANG, SMA 9 MALANG, SMA 10 MALANG, SMA BSS, dan MAN 2 KOTA MALANG. Topik ini diangkat dengan alasan serangan jantung dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan pada siapa saja sampai bisa mengakibatkan kematian. Satu dari lima kematian akibat serangan jantung terjadi karena kurangnya pengetahuan publik terhadap serangan jantung dan penanganannya. Dengan adanya fakta tersebut, kami berupaya untuk melakukan edukasi pada masyarakat salah satunya melalui agenda Workshop Health Corner 2022 dengan harapan turut dapat menekan angka kematian akibat serangan jantung mendadak karena setiap manusia dapat menyelamatkan manusia lainnya, “Everyone Can Save a Life”.

      Terdapat penyampaian materi “Get to know the basic life support about heart, for our healthy heart” oleh dr. Hanif, M. Biomed, Sp. An sebelum dilaksanakan pelatihan RJP. dr. Hanif menjelaskan mengenai masalah kesehatan jantung secara umum, pengertian Basic Life Support atau Bantuan Hidup Dasar, tujuan dilakukannya Basic Life Support, contoh yang dapat dilakukan untuk Basic Life Support, siapa saja yang dapat melakukan Basic Life Support, langkah langkah dalam melakukan Basic Life Support, serta teknik C-A-B (Compression, Airways, Breathing). Setelah mendapatkan teori mengenai serangan jantung, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan praktik Resusitasi Jantung Paru. Praktik Resusitasi Jantung Paru (RJP) yang diajarkan kepada siswa-siswi SMA langsung diajari oleh para volunteer yang sudah melaksanakan pelatihan sebelumnya. acara berjalan dengan lancar dilihat dari antusias siswa-siswi SMA yang aktif bertanya dan menjawab setiap kegiatan yang berlangsung.

      Perjalanan Health Corner cukup panjang. Kegiatan yang diadakan pun terus berkembang dalam setiap rangkaiannya dan menjadi semakin baik serta memberikan manfaatnya oleh masyarakat. Tentu banyak kendala dan evaluasi dalam terselenggaranya Health Corner 2022, tetapi hal ini merupakan pelajaran dan pengalaman sangat berharga yang didapatkan oleh siapa saja yang ikut serta menyukseskan Health Corner 2022.