preloader

Acara ini dilakukan dengan pemeriksaan gratis pada 18 September 2022 di Lapangan Rampal

blog-thumb
  • Oleh Master User
  • 22 Sep, 2022

HEALTH CORNER BATCH 3 2022

      Health Corner yang merupakan program kerja dari Bidang Pengembangan Masyarakat telah mencapai rangkaian akhir, yaitu rangkaian ketiga. Health Corner rangkaian ketiga dilaksanakan pada 18 September 2022 di Lapangan Rampal. Sedikit berbeda dengan rangkaian kedua yang berbentuk pelatihan Basic Life Support, rangkaian ketiga ini merupakan suatu acara pemeriksaan gratis. Pemeriksaan gratis dilaksanakan dengan target peserta berupa masyarakat sekitar yang berdomisili di sekitar Lapangan Rampal. 

      Diikuti oleh lebih dari 100 masyarakat, rangkaian pemeriksaan gratis ini tentunya juga melibatkan volunteer yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Pada rangkaian yang berbentuk pemeriksaan ini, venue dibagi menjadi enam pos pemeriksaan. Pemeriksaan gratis ini meliputi antropometri, TTV, cek gula darah, dan KIE, ditambah dua pos yaitu registrasi kedatangan dan kepulangan untuk mendata identitas peserta yang melakukan pemeriksaan.

      Pelaksanaan Health Corner rangkaian ketiga ini semoga dapat dimanfaatkan sebagai sarana bagi masyarakat untuk dapat men-screening kesehatan mereka tanpa perlu terbebani dengan biaya. Mempertimbangkan tingginya kasus non-communicable disease, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan juga asam urat yang dilakukan pada rangkaian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mulai melakukan screening kesehatan sejak dini, utamanya bagi masyarakat usia lanjut atau masyarakat dengan keluhan kesehatan.

      Dengan selesainya Health Corner rangkaian ketiga ini, maka selesai pula program kerja Health Corner 2022 dari Bidang Pengembangan Masyarakat. Di samping banyaknya evaluasi yang diperlukan dari seluruh rangkaian Health Corner, utamanya pada rangkaian ketiga ini, kami berharap program kerja ini dapat terus dijalankan kedepannya dengan berbagai perubahan yang mengarah pada hal yang lebih baik. Dengan demikian, masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari program kerja Health Corner.