preloader

Acara dilakukan dengan jalan sehat, pemeriksaan gratis, edukasi dalam hal kesehatan, dan pengobatan gratis

blog-thumb
  • Oleh Master User
  • 26 Nov, 2022

ABDI MAHASISWA 2022

Abdi Mahasiswa 1

      HMPD Edukasi Keliling dan Jalan Sehat Bersama Warga Desa Ngadirejo

      Pada Minggu, 23 Oktober 2022, telah berlangsung kegiatan Abdi Mahasiswa 1. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung. Keadaan yang sudah memungkinkan kami untuk menjalankan kegiatan secara offline menghasilkan tumbuhnya semangat panitia Abdi Mahasiswa untuk mengadakan kegiatan berupa jalan sehat, pemeriksaan gratis, pembagian doorprize, serta edukasi dalam hal kesehatan. Terdapat dua topik utama yang diusung dan disampaikan oleh volunteer Abdi Mahasiswa yakni mengenai hipertensi dan manfaat dari jalan sehat itu sendiri. Topik tersebut disampaikan dengan harapan dapat membawa manfaat dan dapat menambah wawasan terkait kesehatan bagi masyarakat Desa Ngadirejo. 

      Abdi Mahasiswa Batch 1 2022 ini diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana Abdi Mahasiswa 2022 yaitu Muhammad Royyan Pranowo dan dilanjutkan oleh Bapak Kepala Desa Ngadirejo yaitu Bapak Teguh yang juga sebagai penanda dibukanya kegiatan ini. Acara lalu dilanjutkan dengan pemanasan yang dipimpin oleh panitia dan volunteer dan diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat. Pemanasan dilakukan di Lapangan Desa Ngadirejo sebagai tempat start dari alur jalan sehat. 

      Jalan sehat sebagai rangkaian utama dari acara ini diwarnai dengan kemeriahan dari sekitar 70 warga Desa Ngadirejo yang berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga ini dilakukan dengan berjalan mengitari desa dan berakhir di Lapangan Desa Ngadirejo. Setelah jalan sehat, volunteer melakukan edukasi kepada para warga mengenai pentingnya jalan sehat yang dilaksanakan dan keterkaitannya dengan hipertensi yang menjadi salah satu masalah kesehatan utama di desa ini.

      Panitia juga menyiapkan agenda doorprize yang dilaksanakan bersamaan dengan pemeriksaan gratis. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para warga dapat melakukan pengecekan terhadap kesehatannya sembari menikmati pembagian doorprize berupa hadiah menarik yang disediakan. Setelah seluruh rangkaian telah dilaksanakan, tidak lengkap rasanya jika tidak terdapat agenda sesi foto bersama. Setelah melakukan sesi foto bersama dengan warga Desa Ngadirejo, kegiatan ditutup oleh MC sebagai penanda berakhirnya kegiatan Abdi Mahasiswa Batch 1. 

“Only a life lived for other is worth living.”-Alber Einstein


Abdi Mahasiswa 2

      HMPD FK UB Mengadakan Pengobatan Gratis untuk Warga Dusun Aran-Aran

      Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, mengadakan kegiatan pengobatan gratis dalam rangka pengabdian mahasiswa yang mengusung tema “Meningkatkan Kesehatan Desa Melalui Aksi Nyata Mahasiswa”. Kegiatan ini mengambil tempat di Dusun Aran-Aran, Desa Sumberejo, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Minggu (13/11/2022).

      Penyelenggaraan pengobatan gratis ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh warga dusun. Kegiatan yang diselenggarakan di MTs Ta’allamul Huda ini menarik perhatian warga untuk hadir dan mendapatkan pelayanan. Acara ini sendiri dapat diikuti oleh semua warga dusun setempat dan sekitarnya. Pengobatan gratis kali ini mengundang empat dokter yang ahli dan volunteer yang berasal dari mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Dokter Universitas Brawijaya yang turut serta berpartisipasi dalam membantu mensukseskan acara ini.

      Pengobatan gratis dibuka pada pukul 08.30 WIB dengan kata sambutan serta doa oleh Ketua Pelaksana “PETIS” Pengobatan Gratis, yaitu Muhammad Royyan Pranowo, yang kemudian dilanjutkan oleh kepala MTs Ta’allamul Huda dan terakhir oleh kepala desa setempat. Setelah agenda pembacaan sambutan, agenda pengobatan gratis pun dimulai pada pukul 08.40. 

      Agenda berikutnya, Pengobatan Gratis, berjalan dengan teknis satu tempat terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital, Screening Kimia Darah, Antropometri, Anamnesis, dan Pengobatan oleh Dokter. Pada masing-masing bagian terdapat mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Brawijaya yang sebelumnya telah menerima pelatihan khusus mengenai hal ini dari dokter sekaligus dosen yang berpengalaman. Agenda pengobatan gratis ini berjalan lancar dan diikuti oleh 108 warga setempat dengan antusiasme yang luar biasa.

      Pengobatan Gratis sendiri dilaksanakan pada sesi kedua dari rangkaian acara Abdi Mahasiswa 2022. Pada sesi Abdi Mahasiswa sebelumnya, diadakan edukasi dan jalan sehat yang dilakukan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Pelaksanaan sesi pertama berlangsung pada Sabtu (23/10/2022).

      Dengan diadakannya kedua kegiatan ini, pihak Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter berharap dapat membantu warga desa meningkatkan awareness terhadap kesehatan diri sendiri dan memberi kesempatan bagi warga desa tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.