preloader

Acara ini mengangkat tema “The Internet Main Character”

blog-thumb
  • Oleh Master User
  • 17 Mar, 2023

DOTCOMS FK UB 2022

       DOTCOMS (Design, Training & Contest of Medical Student) merupakan kegiatan pelatihan desain dengan materi desain poster yang diadakan sebanyak 2 rangkaian. Design Training merupakan rangkaian pertama yang berisi pemberian materi oleh pemateri. Pada rangkaian kedua, peserta mengikuti Design Contest dan Talkshow yang mengundang para juri dan guest star untuk ikut hadir dalam rangkaian kedua ini. Pada tahun ini, DOTCOMS mengangkat tema “The Internet Main Character”. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini DOTCOMS menggunakan figma sebagai aplikasi berbasis web yang digunakan untuk pelatihan desain.

       Rangkaian pertama DOTCOMS telah dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 bertempat di Gedung Faal 1.1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kegiatan Design Training ini akhirnya kembali diadakan secara luring setelah 2 tahun diadakan secara daring akibat pandemi. Acara ini dimulai pada pukul 15.40 dipimpin oleh dua MC yaitu Dwi Sandhi Aulia Pramesti Putri dan Evans Reynard Andrianto. Acara inti pada rangkaian pertama ini adalah pemaparan materi I yaitu “Materi Dasar dan Pengenalan Figma” serta pemaparan materi II yaitu “Membuat Poster, Animasi, dan Potensi dari Figma” yang dari masing-masing materi tersebut disertai dengan sesi tanya jawab dan juga workshop. Agenda pemaparan materi ini dilakukan oleh Muhammad Surya Siddiq dengan Ihsan Firmansyah Jauhari selaku moderator. Pada pukul 19.05, acara ditutup dengan sangat baik oleh kedua MC dan kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuesioner serta presensi kepulangan. Pada pengisian presensi kepulangan, peserta diwajibkan untuk mengumpulkan karyanya berupa poster publik yang merupakan pengimplementasian langsung dari materi yang sudah didapat dari pemateri.

       Design Contest menjadi rangkaian kedua yang telah dilaksanakan pada 5 November 2022 melalui zoom meeting. Acara dimulai pada pukul 08.00 dipimpin oleh dua MC yaitu Ahmad Tohir El Harid dan Bernike Azza Evangelista. Setelah pembukaan oleh MC, agenda dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan CV juri. Pada tahun ini, DOTCOMS mengundang 3 juri yang sangat hebat, yaitu Muhammad Surya Siddiq, Radina Laksmi Kuncoro, dan Oktivani Adelathifa Rahma. Pada pukul 08.30, agenda dilanjutkan dengan presentasi grand design selama 110 menit. Pada agenda ini, sebanyak 10 finalis mempresentasikan hasil karya berupa poster publik yang sebelumnya telah dikumpulkan dan kemudian diberikan komentar serta masukan oleh para juri.

       Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada rangkaian kedua ini DOTCOMS menambahkan agenda Talkshow selama 40 menit. Talkshow ini mengundang Sultan Gustaf Al Ghozali yang terkenal usai berhasil menjual gambar swafotonya dalam bentuk NFT untuk membahas materi mengenai “Insight-Insight Pengalaman menjadikan Internet terutama Bidang Desain sebagai Ladang Uang”. Pada pukul 11.05 saat-saat yang ditunggu pun tiba, yaitu pengumuman pemenang. Juara 1 diraih oleh Najwa Aaliya Herlambang, Juara 2 diraih oleh Liliana Dewi, Juara 3 diraih oleh Vina Kamila H. S., dan Juara Favorit diraih oleh Nurlinah Amalia yang didapatkan dari jumlah likes terbanyak di instagram. Pada pukul 11.30, rangkaian kedua dari DOTCOMS ditutup dengan sangat baik oleh kedua MC yang mengartikan bahwa seluruh rangkaian dari DOTCOMS 2022 telah berakhir. Sampai jumpa di DOTCOMS 2023!