preloader

16 mahasiswa FK UB dalam 7 tim berbeda lolos penyisihan menjadi finalis di 3 cabang lomba pada MEDJONSON 2023

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 24 May, 2023

MEDJONSON 2023

MEDJONSON 2023 (Medical Djogja Scientific Competition) adalah salah satu lomba ilmiah tingkat nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh MARS KM FKIK UMY (Medical Research and Science Club Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Rangkaian acara pada MEDJONSON 2023 terdiri atas pembukaan, final lomba, dan penutupan.

Adapun pada tahun ini, 16 mahasiswa FK UB dalam 7 tim berbeda lolos penyisihan menjadi finalis di 3 cabang lomba pada MEDJONSON 2023. MEDJONSON 2023 diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 13 – 15 Mei 2023 di FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pada hari pertama para delegasi mulai berdatangan dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan MEDJONSON 2023 kali ini diikuti lebih dari 25 universitas di Indonesia dengan finalis lebih dari 15 universitas di seluruh Indonesia.

Sebelum dilaksanakan pembukaan, para finalis dipersilahkan untuk makan malam bersama. Saat memasuki rangkaian acara, terdapat rangkaian acara pembuka. FKIK UMY sebagai tuan rumah membuka acara dengan berbagai penampilan dan kata sambutan dari beberapa pihak.

Pada hari kedua, para finalis melaksanakan final lomba sesuai cabang lomba masing-masing, yaitu 2 tim di literature review (Tim 1: Ahmad Azhar Marzuqi dan Filzatuz Zahro Ibrahim; Tim 2: Kartika Taufani Sukarno dan Yehezkiel Gian Pradipta Pahu), 3 tim video edukasi (Tim 1: Muhammad Rico Abdul K, Aqilah Goldy Apandra, M. Luqman Affand; Tim 2: Fayra Syahrani Atiiqa, I Putu Deva Artha Pradnyana, Dwi Sandhi Aulia Pramesti Putri; Tim 3: Albert Sukianto, Maulana Najamuddin Jati) dan 2 tim esai ilmiah (Tim 1: Jihan Salwa Azizah dan Ardilla Hanytasari; Tim 2: Umar Jundullah Masykur dan Akmal Jauhari Irfan).

Setelah sesi final selesai, beberapa finalis melanjutkan kegiatan melakukan city tour ke berbagai destinasi wisata di Yogyakarta. Kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Malang .

Pada hari ketiga, dilangsungkan kegiatan penutupan dan pengumuman juara. Delegasi dari UB mendapatkan Juara 1 Video Edukasi oleh Tim 3 Video Edukasi (Albert Sukianto, Maulana Najamuddin Jati), Juara 3 Video Edukasi oleh Tim 1 Video Edukasi (Muhammad Rico Abdul K, Aqilah Goldy Apandra, M. Luqman Affand), dan Juara 2 Literature Review oleh Tim 2 (Satria Rafi Ratmandhika, Kartika Taufani Sukarno dan Yehezkiel Gian Pradipta Pahu).