preloader

Delegasi FKUB pada MAJESTYNAS 2023

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 18 Jun, 2023

MAJESTYNAS 2023

MAJESTYNAS (Muhammadiyah Jakarta Scientific Competition Nasional) merupakan sebuah acara ilmiah tahunan di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmiah FKK UMJ yaitu Muhammadiyah Medical Researcher Community (M2RC). Acara Majestynas ini berskala nasional. Kegiatan MAJESTYNAS 2023 diadakan secara offline di Kampus FKK UMJ pada tanggal 1-4 Juni 2023. Mengangkat “Pre-eclampsia: The Problems and Health Challenges of Reproduction in A Global Era” sebagai tema utama. Rangkaian acara pada MAJESTYNAS 2023 terdiri atas pembukaan, final lomba, City Tour dan penutupan.

Adapun pada tahun ini, 9 mahasiswa FK UB dalam 4 tim berbeda lolos penyisihan menjadi finalis di 2 cabang lomba pada MAJESTYNAS 2023.

Pada hari pertama para delegasi mulai berdatangan dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan MAJESTYNAS 2023 kali ini diikuti lebih dari 25 universitas di Indonesia dengan finalis lebih dari 15 universitas di seluruh Indonesia. Sebelum dilaksanakan pembukaan, para finalis dipersilahkan untuk makan malam bersama. Saat memasuki rangkaian acara, terdapat rangkaian acara pembuka. M2RC UMJ sebagai tuan rumah membuka acara dengan berbagai penampilan dan kata sambutan dari beberapa pihak.

Pada hari kedua, para finalis melaksanakan final lomba sesuai cabang lomba masing-masing, yaitu 2 tim di literature review (Tim 1: Ahmad Azhar Marzuqi dan Disa Yuni Shabrina Issaray; Tim 2: Imke Maria Del Rosario Puling dan Jonathan Wendry, Tim 3: Umar Jundullah Masykur), 1 tim video edukasi (Tim 1: Muhammad Rico Abdul K, Aqilah Goldy Apandra, Achmad Wildan Fajri). Setelah sesi final selesai, beberapa finalis melanjutkan kegiatan melakukan faculty tour dan setelah itu melanjutkan ibadah sholat jumat.

Pada hari ketiga, delegasi mengikuti city tour ke kepulauan seribu dengan destinasi wisata ke pulau kelor, pulau onrust, dan pulau cipir yang menyajikan panorama yang indah serta sejarah yang menarik untuk diketahui.

Pada hari keempat, dilangsungkan kegiatan penutupan dan pengumuman juara. Delegasi dari UB mendapatkan Juara 1 Literature Review oleh Tim 2 Imke Maria Del Rosario Puling dan Jonathan Wendry