preloader

Delegasi FK UB dalam Indonesia Gives Back 2023 di Bali

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 02 Jul, 2023

INDONESIAN GIVES BACK 2023

Isu mengenai stunting dan edukasi kesehatan reproduktif pada wanita masih sering dijumpai di indonesia. Stunting adalah kondisi kurang gizi kronis pada anak balita. Anak yang mengalami stunting ditandai dengan tubuh yang pendek. Kasus stunting di Indonesia menjadi permasalahan yang masih membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak. Pembahasan mengenai siklus menstruasi pada wanita juga seringkali menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Padahal penting untuk meninjau kelancaran siklus menstruasi serta memerhatikan Kesehatan sistem reproduksi. Untuk menyikapi hal tersebut, CE ISMKI Wilayah 4 mengadakan program Indonesia Gives Back 2023 yang diselenggarakan oleh BEM FK Universitas Warmadewa dengan mengangkat tema “Taking Care of The Future Generation with Indonesian Gives Back” pada 23 – 25 Juni 2023 di Kota Denpasar, Bali yang diikuti delegasi-delegasi FK institusi di Wilayah 4.

Indonesian Gives Back 2023 fokus pada kegiatan diskusi panel, pemeriksaan Kesehatan berupa TTV, serta sosialisasi yang dilakukan secara door-to-door untuk mengedukasi masyarakat desa Bayunggede mengenai stunting serta siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi wanita. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, delegasi Indonesia Gives Back (IGB) diberi kesempatan untuk mendapatkan ilmu baru, menerapkan keterampilan yang didapat selama perkuliahan, dan berdiskusi mengenai solusi yang bisa diberikan terhadap permasalahan yang ditemukan sebagai mahasiswa Kedokteran.

Banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan seluruh delegasi pada kegiatan IGB 2023 ini untuk dibagikan kepada mahasiswa lain di institusi mereka. Hal penting yang diperoleh dari IGB 2023 ini adalah bahwa pengetahuan dan kepedulian  masyarakat mengenai pemberian gizi pada anak adalah kunci untuk mengatasi masalah stunting. Perlu dilakukan edukasi yang berkelanjutan mengenai stunting dan tumbuh kembang anak serta siklus menstruasi dan Kesehatan reproduksi wanita dengan memanfaatkan kerja sama antarpemerintah dan pemimpin daerah setempat.

Terima kasih kepada CE ISMKI Wilayah 4 dan BEM FK Universitas Warmadewa yang telah menyelenggarakan IGB 2023 dengan sangat baik. Semoga bisa berjumpa kembali di tahun berikutnya.