preloader

16 mahasiswa delegasi FK UB berangkat menuju kota Surakarta dalam ajang perlombaan MEDSMOTION 2O23.

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 08 Aug, 2023

MEDSMOTION 2023

MEDSMOTION 2023 (Medical Sebelas Maret Scientific Competition) merupakan kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh KASTRAT DE GENEESKUNDE FK UNS yang diselenggarakan pada tanggal 4 - 6 Agustus 2023. MEDSMOTION 2023 mengusung tema “The Latest Updates On Respiratory Disease Management To Promote The Health And Well-Being Of Global Populations” dengan 4 cabang perlombaan yaitu esai ilmiah, poster publik, literature review, dan video edukasi.

Pada tahun ini, delegasi UB berangkat menuju kota Surakarta yang diwakili oleh 16 mahasiswa dalam 6 tim berbeda yang telah berhasil lolos dalam babak penyisihan dan menjadi finalis dalam 3 cabang perlombaan, meliputi 3 tim cabang video edukasi (Tim 1: Muhammad Rico Abdul Karim, Aqilah Goldy Apandra, Alfi Agnuristyaningrum, Tim 2: Albert Sukianto, Maulana Najamuddin Jati, Dani Haritsah Putra, Tim 3: Fortuna Filly Firdausi, Muhammad Clark R. S., Rifdania Putri Destrinita), 2 tim cabang poster publik (Tim 1: Samuel Bobby Christian, M. Luqman Affandi, Oktivani Adelathifa Rahma, Tim 2: Belva Aulia Putri Ayu R., Jesphine Arbi Wijaya, Michelle Vanessa A.), dan 1 tim esai ilmiah (Tim 1: Ardilla Hanytasari).

Di hari pertama, sejak pagi, delegasi mulai berdatangan ke kota Surakarta dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan dibuka pada malam hari dalam acara opening ceremony MEDSMOTION 2023 yang bertempat di Ballroom UNS Inn. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari berbagai pihak, dilanjutkan dengan beberapa penampilan, dan ditutup dengan sesi dokumentasi bersama seluruh finalis MEDSMOTION 2023.

Pada hari kedua, seluruh finalis mengikuti babak final sesuai cabang lomba masing-masing yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret. Setelah babak final selesai, pada finalis melakukan kegiatan city tour ke beberapa destinasi wisata dan tempat perbelanjaan oleh-oleh khas kota Surakarta. Kegiatan hari kedua pun ditutup dengan kegiatan gala dinner yang dihadiri oleh seluruh finalis yang bertempat di UNS Tower.

Pada hari terakhir, dilaksanakan kegiatan simposium yang bertempat di Auditorium Universitas Negeri Sebelas Maret. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang sekaligus penutupan MEDSMOSTION 2023. Delegasi dari UB mendapatkan Juara 1 Video Edukasi yang diwakili oleh Muhammad Rico Abdul Karim, Aqilah Goldy Apandra, dan Alfi Agnuristyaningrum. Setelah penutupan selesai, delegasi UB melanjutkan perjalanan kembali ke kota Malang.