preloader

21 Delegasi FK UB Menjadi Finalis SOMATIC 2023 dan 5 Tim Berhasil Meraih Juara

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 14 Sep, 2023

SOMATIC 2023

SOMATIC 2023 (Soedirman Medical Scientific Competition) adalah salah satu lomba ilmiah tingkat nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh Kementerian Riset dan Inovasi BEM Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) di Purwokerto. Rangkaian acara pada MEDJONSON 2023 terdiri atas pembukaan, final lomba, city tour, dan penutupan. Adapun pada tahun ini, 21 mahasiswa kedokteran UB dalam 7 tim berbeda, berhasil lolos penyisihan dan menjadi finalis di 3 cabang lomba pada SOMATIC 2023. SOMATIC 2023 diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 08 – 10 September 2023 di Universitas Jenderal Soedirman.

Pada hari pertama para delegasi mulai berdatangan dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan SOMATIC 2023 kali ini diikuti 38 universitas di Indonesia dengan finalis lebih dari 20 universitas di seluruh Indonesia.

Sebelum dilaksanakan pembukaan, para finalis dipersilahkan untuk makan malam bersama. Saat memasuki rangkaian acara, terdapat rangkaian acara pembukaan. FK UNSOED sebagai tuan rumah membuka acara dengan berbagai penampilan dan kata sambutan dari beberapa pihak.

Pada hari kedua, para finalis melaksanakan final lomba sesuai cabang lomba masing-masing, yaitu 2 tim Literature Review (Tim 1: Yehezkiel Gian Pradipta Pahu, Satria Rafi Ratmandhika, dan Kartika Taufani Sukarno dan Tim 2: Jesphine Arbi Wijaya, Krisanto Tanjaya, dan Michelle Vanessa A.), 2 tim Video Edukasi (Tim 1: Jihan Tabina Salma, Muhammad Rico Abdul K, dan Aqilah Goldy Apandra dan Tim 2: Albert Sukianto, Maulana Najamuddin Jati, dan Marvel Onassis) dan 3 tim Poster Publik (Tim 1: Ni Made m Alvionita Frencia A., Samuel Bobby Christian, dan Vanessa Christabel; Tim 2: Ghinantia Athaya Putri, Salsabila Setya W. dan Fatma Nugra Fithra, dan Tim 3: Ajeng Lintang Kinasih S., Verousson Ahmad, dan Zahra Putri Novita R.)

Setelah sesi final selesai, beberapa finalis melanjutkan kegiatan melakukan city tour ke berbagai destinasi wisata di Purwokerto yaitu The Village Purwokerto, Alun-alun, dan Menara Teratai. Lalu, kami kembali menuju penginapan untuk istirahat.

Pada hari ketiga, dilangsungkan kegiatan penutupan dan pengumuman juara. Delegasi dari UB mendapatkan Juara 1 Video Edukasi oleh Albert Sukianto, Maulana Najamuddin Jati, dan Marvel Onassis, Juara 3 Video Edukasi oleh Jihan Tabina Salma, Muhammad Rico Abdul K, dan Aqilah Goldy Apandra, Juara 2 Poster Publik oleh Ni Made Alvionita Frencia A., Samuel Bobby Christian, dan Vanessa Christabel, Juara 2 Literature Review oleh Jesphine Arbi Wijaya, Krisanto Tanjaya, dan Michelle Vanessa A., dan Juara 3 Literature Review oleh Yehezkiel Gian Pradipta Pahu, Satria Rafi Ratmandhika, dan Kartika Taufani Sukarno.