preloader

Tim FK UB berhasil menjuarai Ideathon pada AQI HACKATHON 2023

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 14 Nov, 2023

AQI HACKATHON 2023

AQI HACKATHON 2023 merupakan salah satu lomba invensi teknologi di tingkat nasional yang diadakan oleh AsiaQuest Indonesia, yang merupakan perusahaan IT Internasional berkantor di DKI Jakarta dan D.I. Yogyakarta. AQI HACKATHON merupakan program terbaru dari AsiaQuest yang ingin mengakomodasi ide dan invensi anak bangsa seputar teknologi dengan menggelar dua cabang lomba, yakni Hackathon dan Ideathon. Tema dari kegiatan tahun ini ialah “Smart Office Innovation”. Kegiatan diadakan secara hybrid, dimana babak penyisihan dilakukan secara daring dan presentasi final dilaksanakan secara luring di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Rangkaian acara AQI HACKATHON 2023 dimulai dengan pengumpulan berkas proposal dan diikuti dengan presentasi babak penyisihan. Kedua babak tersebut dilakukan secara daring. Pada tanggal 19 September 2023 diumumkan peserta yang berhak melaju ke babak final. Tim asal Universitas Brawijaya yang dinamai Brawijaya Squad beranggotakan dr. Thareq Barasabha, M.T., Ajeng Lintang Kinasih Suroso, dan Verousson Ahmad yang mengikuti cabang lomba Ideathon berhasil melaju ke babak final.

Babak final diadakan selama satu hari bertempat di Gedung Cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta pada tanggal 26 September 2023. Agenda dibuka dengan sambutan ketua AsiaQuest Indonesia serta beberapa sambutan lain, kemudian dilanjutkan dengan talkshow dengan berbagai tokoh StartUp di Indonesia yang memberikan bermacam-macam insight bagi para finalis serta peserta talkshow. Lalu, acara inti pun dimulai dengan presentasi finalis yang berasal dari 2 cabang lomba, yang masing-masing terdiri atas 2 finalis. Setelah keseluruhan presentasi final selesai, acara ditutup dengan closing ceremony dan awarding. Tim Brawijaya Squad yang membawa inovasi seputar kesehatan bagi para pekerja kantoran berhasil mengantongi gelar Juara 1 AQI HACKATHON 2023 cabang lomba Ideathon. 

Adanya perlombaan ini membuka wawasan Tim Brawijaya Squad sebagai peserta lomba dan teman-teman mahasiswa kedokteran seluruhnya bahwa perlombaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa pendidikan dokter sangatlah beragam dan tidak terbatas sekalipun diadakan oleh penyelenggara yang tidak berkaitan dengan kesehatan.