preloader

Tim FK UB menjuarai lomba Esai Ilmiah MESENTERICA 2023 di FK UNILA

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 14 Nov, 2023

Delegasi FKUB berhasil meraih Juara 1 Esai ilmiah

MESENTERICA 2023 (Medical Student Fair and Training Creativity) merupakan salah satu lomba ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh LUNAR (Lampung University Medical Research) FK Universitas Lampung (UNILA). Pada tahun ini, MESENTERICA 2023 diadakan selama 3 hari, yakni pada hari Jumat - Minggu tanggal 3 - 5 November 2023. Rangkaian acara pada MESENTERICA 2023 terdiri atas opening ceremony, final lomba, awarding, gala dinner, city tour, dan closing ceremony. Adapun pada tahun ini, sebanyak 1 tim beranggotakan 3 mahasiswi kedokteran UB berhasil melaju ke babak presentasi final setelah lolos penyisihan karya pada bidang lomba esai ilmiah.

Pada hari pertama, seluruh delegasi lomba yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia berdatangan ke Lampung. Kegiatan MESENTERICA 2023 kali ini diikuti oleh 13 universitas dengan jumlah finalis mencapai 47 orang. Agenda pembukaan diisi dengan penyambutan para delegasi lomba, peresmian pembukaan acara oleh dekan FK UNILA, makan malam bersama, penampilan kesenian asal Bumi Lampung, dan sesi pembagian urutan presentasi. Kegiatan pembukaan terlaksana dengan sangat baik dan dikemas menarik dengan disediakannya fasilitas photobooth gratis.

Pada hari kedua, para finalis mengikuti kegiatan inti dari kompetisi, yaitu presentasi final sesuai cabang lomba masing-masing. Tim delegasi FK UB yang terdiri atas Ajeng Lintang Kinasih S, Jesphine Arbi Wijaya, dan Michelle Vanessa Anggarkusuma melakukan presentasi karya bidang lomba Esai Ilmiah di hadapan juri. Setelah sesi final selesai, para finalis diperkenankan mengikuti kegiatan seminar dengan topik “Increasing Knowledge about Digestive Disease and Adopting a Healthy Lifestyle to Maintain Digestive Health” yang disampaikan oleh DR (CAN). dr. H. Yusmaidi, Sp.B-KBD, dari FK UNILA. 

Agenda pada hari kedua belum berakhir sampai disitu. Acara berpindah dengan cepat menuju agenda yang sangat ditunggu-tunggu yakni awarding juara. Juara 1 bidang lomba Esai Ilmiah sukses diraih oleh tim delegasi FK UB. Ajeng Lintang KS, Jesphine Arbi Wijaya, dan Michelle Vanessa berhasil mengantongi gelar juara esai ilmiah dengan membawa ide berupa inovasi penggunaan makanan tradisional Indonesia dalam manajemen suatu penyakit gastrointestinal. Ide ini sangat otentik dan mengangkat isu-isu lokal yang semakin lama semakin kurang mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia itu sendiri.

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir pelaksanaan MESENTERICA 2023 diisi dengan agenda city tour. Para finalis yang berasal dari berbagai daerah diajak untuk melihat secara langsung keindahan alam Bumi Lampung. Penyelenggara membawa finalis melihat Pantai Marina, yang menjadi salah satu ikon keindahan Provinsi Bandar Lampung. Adanya agenda ini membuat para finalis menjadi lebih mengenal daerah di luar tempat tinggalnya, memberikan pengalaman baru, serta kesan ataupun kenangan tersendiri terhadap MESENTERICA 2023.