preloader

Tim FK UB pada IMSCOBI 2023 berhasil meraih Juara 1 Lomba Poster Publik

blog-thumb
  • Oleh MUHAMMAD THARIQ FAZA
  • 14 Nov, 2023

IMSCOBI 2023

IMSCOBI 2023 x (Islamic Medicine Scientific Competition and Collaboration Seminar) merupakan salah satu lomba ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh LKI (Lembaga Kerohanian Islam) FK Universitas Brawijaya. Pada tahun ini, IMSCOBI 2023 diadakan selama 2 hari, yakni pada hari Sabtu - Minggu tanggal 11 - 12 November 2023. Rangkaian acara pada MESENTERICA 2023 terdiri atas opening ceremony, seminar, presentasi final, gala dinner, awarding, city tour, dan closing ceremony. Adapun pada tahun ini, Universitas Brawijaya mengirimkan 1 tim kategori lomba Literature Review dan 1 tim lomba Poster Publik pada babak final IMSCOBI.

Pada hari pertama, seluruh delegasi lomba yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia berdatangan ke Malang. Kegiatan IMSCOBI 2023 kali ini diikuti oleh X universitas dengan jumlah finalis mencapai X orang. Agenda pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Graha Medika FK UB diisi dengan penyambutan para delegasi lomba, peresmian pembukaan acara oleh wakil dekan FK UB, serta seminar kedokteran islam bersama Ustadz dr. Zaidul Akbar dan Prof. dr. Mohammad Saifur Rohman, Sp.JP (K)., PhD., FSCAI dengan tema “Implementing Healthy Islamic Lifestyle to Maintain Cardiovascular Health and Reduce Cardiovascular Disease Risk”. Kegiatan pembukaan terlaksana dengan sangat baik dan dikemas menarik.

Pada hari yang sama, para finalis mengikuti kegiatan inti dari kompetisi, yaitu presentasi final sesuai cabang lomba masing-masing. Tim delegasi FK UB yang terdiri atas Ajeng Lintang Kinasih S, Zahra Putri Novita R, dan Verousson Ahmad melakukan presentasi karya bidang lomba Poster Publik di hadapan juri. Satu tim lain yang beranggotakan Verousson Ahmad dan Ajeng Lintang Kinasih S juga melakukan presentasi karya Literature Review. Setelah sesi final selesai, agenda yang paling ditunggu-tunggu datang, yakni awarding. Awarding dibarengi dengan gala dinner dan closing ceremony bertempat di GM FK UB. Juara 1 bidang lomba Poster Publik berhasil diraih oleh tim delegasi FK UB. Ajeng Lintang Kinasih S, Zahra Putri Novita R, dan Verousson Ahmad berhasil mengantongi gelar juara Poster Publik dengan membawa topik penyakit krusial di bidang kardiovaskular, yaitu stroke dengan penyampaian menggunakan drama yang juga menarik perhatian penonton.

Hari kedua yang merupakan hari terakhir pelaksanaan IMSCOBI 2023 diisi dengan agenda city tour. Para finalis yang berasal dari berbagai daerah diajak untuk merasakan secara langsung arena rekreasi Jatim Park 1 serta Museum Tubuh yang daya pikatnya telah menusantara. Penyelenggara membawa finalis untuk bermain berbagai atraksi dan melihat secara dekat anatomi tubuh manusia, yang tentu saja lekat dengan pembelajaran di Fakultas Kedokteran. Adanya agenda ini membuat para finalis menjadi lebih mengenal daerah di luar tempat tinggalnya, memberikan pengalaman baru, serta kesan ataupun kenangan tersendiri terhadap IMSCOBI 2023.